Sinopsis dan Kutipan Film "Perahu Kertas"

Sinopsis Film "Perahu Kertas Bagian 1" :

Perahu kertas mengisahkan pasang surut hubungan anak manusia, yaitu Keenan dan Kugy. Kugy adalah seorang gadis tomboy, periang, dan percaya bahwa dirinya adalah agen Dewa Neptunus. Kugy selalu memiliki “ritual” unik, yaitu menulis setiap curahan hatinya pada secarik kertas, yang lalu di buatnya perahu untuk di hanyutkan di sungai. Meskipun sekilas dia gadis yg periang dan cuek akan penampilannya, namun dia memiliki pandangan hidup yang cenderung filosofis.
Keenan adalah seorang pelukis berbakat, tetapi dia di paksa oleh ayahnya untuk kuliah Fakultas Ekonomi. Kugy pergi kuliah di kota Bandung. Disana Kugy tinggal bersama sahabat sejak kecilnya yaitu Noni dan Eko pacarnya Noni. Suatu hari Eko menjemput sepupunya di stasiun kereta bersama Noni dan Kugy. Sepupunya Eko adalah Keenan. Dan akhirnya mereka berempat menjadi geng pura-pura ninja. Dari yang mula-mula saling mengagumi, ternyata Kugy dan Keenan sama-sama saling jatuh cinta. Tetapi berbagai hal menghalangi mereka. 
Awalnya kugy mempunyai pacar di jakarta, tetapi sejak kedekatannya dengan Keenan, Kugy merasa dirinya banyak berubah, aneh. Ia jadi merasa kurang cocok dengan Ojos, pacarnya dan ia terbelit rasa cemburu ketika tahu kedekatan Keenan dengan Wanda sepupu Noni. Hal itu membuat Kugy merasa perlu menjauhi Keenan dan ia mencari kegiatan lain, yaitu menjadi guru di sebuah taman bermain. Perlahan ia meninggalkan semua hidupnya yang lama, Keenan dan gank Pura Pura Ninja. Noni pun sempat ingin menjodohkan Wanda dengan Kugy, karna sebenarnya noni tidak mengetahui kalau sahabatnya itu saling jatuh cinta. Karna Wanda tertarik pada Keenan, Wanda menawarkan kepada Keenan untuk menjualkan Lukisan Keenan pada rekannya. Persahabatan Noni dan Kugy pun pada akhirnya pecah ketika Kugy menjaga hatinya, dan tidak datang pada acara ulangtahunnya Noni yang di adakan di rumah Wanda. Dan pada saat di ulang taun Noni pun kebongkar kebohongan Wanda. 
Akhirnya Keenan memutuskan untuk berhenti kuliah di Fakultas Ekonomi dan dia juga memutuskan untuk keluar dari rumah dan dia pun pergi ke Bali untuk menemui Pak Wayan. Pak Wayan yaitu teman lama Lena mamah Keenan sekaligus mentor Keenan dalam melukis. Dalam suasana hati yang gundah, kreatifitas melukis Keenan pun buntu. Datanglah Luhde, keponakan dari Pak Wayan yang berhasil mengembalikan semangat melukis Keenan. Dan seorang kolektor langganan galeri wayan yg bernama Remi menjadi pembeli pertama lukisan Keenan. Luhde pun sering menemani Keenan melukis yg pada akhirnya mereka jadian.
Sementara Kugy ingin segera meninggalkan Bandung dan lingkungan lamanya. Kugy berjuang untuk lulus secepatnya. Dan begitu lulus sidang, kaka Kugy yg bernama Karel membantu agar Kugy magang di biro iklan bernama AdVocaDo milik temannya yaitu Remi. Karna prestasi kerja Kugy sangat cemerlang, Kugy pun di angkat menjadi pegawai tetap di kantor itu. Kan Remi pun tertarik pada Kugy dan akhirnya mereka pun jadian. 
Beberapa bulan kemudian Noni menemukan sebuah buku yg Kugy tulis untuk Keenan sebagai hadiah ulangtahun di bekas kamar kost yg di tempati oleh Kugy. Dan akhirnya Noni mengetahui bahwa sebenarnya Kugy jauh cinta pada Keenan. Karna merasa bersalah pada sahabatnya itu, akhirnya Noni menemui Kugy dan minta maaf. Setelah bertemu Kugy, Noni pun memberitahukan bahwa dia akan menikah dengan Eko pacarnya. Dan Noni pun mengundang Kugy untuk datang ke pernikahannya. 
Dan Keenan pun akhirnya kembali ke Jakarta untuk mengurus perusahaan papahnya. Karena papahnya sudah mulai sakit-sakitan. Dan papahnya pun menyesal telah bersikap terlalu keras pada Keenan. Dan Keenan pun bertemu Eko sepupunya dan dia pun di undang untuk datang ke pernikahan Eko dan Noni. Saat di pernikahan Noni dan Eko ternyata Kugy bertemu Keenan yg setelah sekian lama sama-sama menghilang. Mereka sama-sama terkejut satu sama lain. Dan akhirnya geng pura-pura ninja kumpul kembaliii!
Sinopsis Film "Perahu Kertas Bagian 2" :

Sinopsis PERAHU KERTAS 2 bercerita kembali tentang perjalanan hati dari Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Kugy dan Keenan yang kembali bertemu setelah cukup lama berpisah tahu bahwa kondisi mereka berdua sudah sangat jauh berbeda dengan kondisi mereka yang dulu. Keenan sudah memiliki seorang kekasih dari Bali yang bernama Luhde (Elyzlia Mulachela) sedangkan Kugy sudah memiliki pacar yang merupakan atasannya yaitu Remi (Reza Rahardian).

Meskipun begitu, hati mereka berdua tidak bisa berdusta bahwa ada perasaan lama yang mendadak kembali muncul dengan pertemuan itu. Namun mereka berdua sama-sama mencoba menekan perasaan tersebut. Pertemuan itu kemudian berakhir namun dengan meninggalkan kesan yang mendalam bagi Kugy dan Keenan.

Keenan sendiri tengah sibuk di Jakarta untuk menggantikan ayahnya menjadi pemimpin perusahaan diakibatkan ayahnya yang kena struk. Hal tersebut membuat Keenan terpaksa meninggalkan Bali, bakat melukisnya dan tentu saja Luhde. Keenan dan Luhde menjalin hubungan melalui jarak jauh. Sesuatu yang sering kali menyiksa hati Luhde.

Sedangkan Kugy tengah berada dalam dilema di kantornya. Kugy mulai kehilangan konsentrasinya bekerja akibat pertemuannya kembali dengan Keenan. Karena Keenan mengajak Kugy untuk kembali berkarya bersama. Dimana Kugy akan menulis sebuah dongeng dan Keenan akan melukiskan ilustrasinya. Bahkan Keenan sudah menyiapkan orang untuk bisa menjadi fasilitator untuk hal tersebut. Hal tersebutlah yang membuat Kugy mulai tidak fokus kerja di AdVocado sehingga membuat Siska (Sharena Rizky) memanfaatkan hal tersebut dengan mengatakan kepada Remi bahwa Kugy sudah tidak profesional.

Akhirnya Kugy memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Namun sebelum Kugy resign, Remi mengajaknya untuk outing di Bali bersama rekan-rekan kerja lainnya. Disanalah tanpa sengaja, Kugy bertemu dengan Luhde. Mereka langsung akrab karena memiliki hobi yang sama. Sampai akhir pertemuan, Kugy tidak menyadari bahwa Luhde adalah kekasih Keenan. Namun tidak dengan Luhde, karena dia menyadari dari tulisan tangan Kugy bahwa dialah orang yang selama ini memberikan ilham dari semua lukisan Keenan. Hati Luhde menjadi patah akibat pertemuan tersebut.

Hingga sebuah peristiwa akhirnya menguak semua kenyataan antara Kugy, Keenan, Luhde dan Remi bahwa mereka semua ternyata saling terhubung. Kugy dan Keenan harus membuat keputusan hati akan cinta mana yang harus mereka pilih. Dan sebuah perahu kertas akan menjadi akhir dari kisah romansa tersebut.
Kutipan Dari Film "Perahu Kertas" :

"Selalu cinta dan akan tercinta sama kamu, perasaan ini ga akan pernah ada habisanya."

"Entah kapan, kita pasti punya kesempatan jadi diri kita sendiri."

"Jangan sampai rasa itu mendatangi hati, menyalami, lalu pergi lagi."

"Melaju membawa surat cinta bagimu." 

"Kemana aliran ini akan membawa hatiku, hatinya. Sementara ini mungkin cuma ke laut biru." 

"Saya cinta, selalu cinta, dan akan terus cinta sama kamu. Perasaan ini gak bakal ada habisnya."