Sinopsis dan Kutipan Film "Menebus Impian"


M.I
Sinopsis Film “Menebus Impian” :

Film ini mengisahkan tentang Nur (Acha Septriasa) seorang perempuan dengan keinginan keras sekaligus memiliki impian yang tinggi. Salah satu impian tinggi Nur adalah mampu mengeluarkan keluarganya dari belenggu kesusahan. Nur sendiri tinggal bersama ibunya yaitu Sekar (Ayu Dyah Pasha). Mereka berdua adalah keluarga dengan kondisi ekonomi yang serba kekurangan. Ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai buruh cuci. Sebuah pekerjaan yang tentunya jarang untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.


Sedangkan Nur hanyalah seorang mahasiswi biasa. Bahkan terkadang, status Nur sebagai seorang mahasiswi seringkali membuat kondisi ekonomi keluarga tersebut semakin terdesak. Biaya kuliah Nur yang semakin tinggi tidak jarang membuat Ibunya terpaksa bekerja lebih keras dari biasanya bahkan harus menutupi kekurangan tersebut dengan berhutang kesana-kemari. Sesuatu yang sering kali membuat hati Nur menjadi terenyuh.

Ia sebenarnya tidak ingin terus menyusahkan ibunya dengan terus melanjutkan kuliahnya. Hal tersebutlah yang membuat Nur semakin memiliki keyakinan bahwa ia harus mampu mengeluarkan keluarganya dari belenggu kesusahan. Namun ternyata antara Nur dan Ibunya memiliki perbedaan pandangan. Nur beranggapan apabila keluarganya ingin segera keluar dari belenggu kesusahan maka ia harus secepatnya mendapatkan pekerjaan yang mapan. Sedangkan ibunya beranggapan bahwa Nur harus bisa menyelesaikan kuliahnya agar nantinya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Perbedaan pandangan tersebut seringkali menjadi pemicu pertengkaran antara Nur dan Ibunya. Hingga kemudian Nur bertemu dengan Dian (Fedi Nuril) seorang pemuda yang ternyata sudah mapan meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa. Kemudian Nur tertarik dengan keberhasilan dari Dian tersebut. Kemudian Dian dengan baik hati menjelaskan tentang kesuksesannya. Dian menjelaskan bahwa sukses yang ia rengkuh tersebut karena ia bekerja dalam sistem MLM (Multi Level Marketing). Dari pekerjaan tersebutlah Dian berhasil menjadi orang yang mapan meski ia masih berstatus sebagai mahasiswa.

Kemudian Nur pun mengikuti jejak dari Dian menjadi seseorang yang bekerja di sistem MLM. Namun perjuangan Nur meraih impiannya untuk memberikan kehidupan yang lebih baik terhadap keluarganya ternyata tidaklah mudah. Ia menghadapi berbagai rintangan dan ujian yang harus bisa ia taklukan untuk bisa menebus impian miliknya.

Kutipan Dari Film “Menebus Impian” :

"Impian terbesar saya adalah membahagiakan ibu saya."